Senin, 10 Desember 2018

Indeks Pengelolaan APBD

Pengelolaan APBD terbaik di Indonesia versi Indeks Kelola dikategorikan kedalam berbagai aspek seperti tata kelola keuangan, pendidikan, dan lain sebagainya. Indeks kelola dibuat untuk menilai dan memotret seberapa efektif dan efisiennya pengelolaan anggaran sebanyak 508 daerah akbupaten dan kota yang berada di Indonesia.
Pengelolaan APBD
Pengelolaan APBD

Tujuan utama dibuatnya indeks kelola ini adalah perencanaan anggaran yang baik dan benar dalam rangka mewujudkan adanya agenda pembangunan nasional dan juga untuk emningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat Indonesia. Seperti yang diketahui, setelah runtuhnya rezim orde baru, terbitlah era kepemimpinan reformasi yang terjadi pada tahun 1999. Reformasi ini merubah banyak segali kebijakan yang tadinya terpusat menjadi desentraliasasi tak terkecuali pada lebijakan ekonomi nasional.

Kebijakan ekonomi ini memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengelola keuangan daerahnya secara bertanggung jawab, serta diberi hak untuk memonetisasi pendapatanna. Penggunaan APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) ini setidaknya 20% harus dianggarkan untuk biaya pendidikan warganya dan sebesar 10% untuk akomodasi kesehatan warga daerah tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar